Rab. Mar 27th, 2024
aplikasi trading saham online

Agar bisa mendukung secara optimal aktivitas investasi dan trading saham penggunanya, RHB Tradesmart yang merupakan aplikasi trading saham online menghadirkan ragam fitur unggulan, salah satunya Smart Analyzer. Yuk, kenali lebih jauh gimana cara kerja fitur Smart Analyzer ini dalam mengoptimalkan aktivitas investasi dan trading saham Smart People.

Apa Itu Smart Analyzer?

Smart Analyzer merupakan salah satu fitur Smart yang dihadirkan oleh RHB Tradesmart ID, aplikasi trading saham online. Secara garis besar, fitur Smart Analyzer ini akan bisa dimanfaatkan untuk menganalisa saham, sehingga Smart People bisa mengambil keputusan yang tepat saat investasi dan trading saham.

Dengan adanya fitur Smart Analyzer ini, maka Smart People bisa bertransaksi saham kapan dan di mana saja, tanpa harus takut akan prediksi yang sifatnya masih abu-abu dan berpotensi bakal memicu kerugian. Kehadiran fitur ini juga akan begitu bermanfaat bagi Smart People yang masih tergolong baru dalam hal bertransaksi saham dan masih bingung untuk mengambil tindakan saat bertransaksi.

Fitur Andalan Smart Analyzer 

Dalam menganalisa pergerakan saham nantinya, Smart Analyzer dilengkapi dengan beberapa fitur bawaan untuk mengoptimalkan manfaatnya. Mulai dari fitur Smart Strategy, Trading Signal, dan Value Analyzer, semuanya berkontribusi dalam memberikan analisa atas saham. Simak ulasan mengenai fitur dari Smart Analyzer tersebut di bawah ini.

  • Smart Strategy

Smart Strategy merupakan fitur pertama yang disematkan pada Smart Analyzer. Kehadiran fitur Smart Strategy akan memberikan strategi pada pengguna aplikasi trading saham online ini, agar transaksi saham menjadi lebih terarah. Fitur ini akan memberikan arahan teknis dalam melihat pergerakan saham, melalui beberapa indikator dari ARO (Assisted Robo Optimization) berikut ini.

  • Technical Trend 

Berdasarkan indikator technical trend, Smart People akan memperoleh analisis teknis untuk mengidentifikasi tren harga saham terkini. Indikator satu inilah yang banyak digunakan dalam mendampingi para investor dalam memutuskan untuk melakukan transaksi beli atau transaksi jual saham.

Indikator technical trend ini ditandai dengan indikator yang menyerupai baterai, di mana indikator tersebut memberikan indikasi atas kekuatan tren saham. Pergerakan harga saham sendiri yang bisa ditunjukkan oleh indikator ini seperti uptrend atau pergerakan harga naik, downtrend atau pergerakan harga turun, atau sideways trend atau pergerakan harga mendatar.

Saat indikator menunjukkan baterai berwarna hijau dan terisi penuh, maknanya tren di pasar saham yang sedang terjadi adalah uptrend yang sangat kuat. Namun, jika baterai berwarna hijau tidak terisi penuh, maknanya uptrend tersebut dalam kondisi melemah. Beda lagi jika indikator baterai berwarna merah dan terisi penuh, yang menandakan sedang terjadi trend down.

  • Commentary 

Selanjutnya, ada commentary yang juga bakal memudahkan Smart People dalam menerima analisis teknis seputar pergerakan saham. Melalui commentary, Smart People bisa melihat overview tren, pergerakan harga, serta mapping untuk jangka panjang. Commentary ini bisa Smart People manfaatkan untuk melihat pergerakan saham-saham favorit yang jadi incaran.

Adanya analisa yang diberikan melalui commentary ini, bakal membuat Smart People, khususnya yang masih pemula, mudah dalam membandingikan info, rumor, atau pun hal lain terkait dengan suatu saham. Para trader saham yang profesional juga bisa memanfaatkan commentary jika tak bisa melihat chart pada laptopnya di suatu waktu.

  • Support Resistance 

Selanjutnya, ada support resistance yang setiap harinya bakal menghitung nilai support dan resistance secara real time atau terkini. Smart People bisa manfaatkan support resistance ini sebagai tolak ukur yang sifatnya instan. Smart People bisa buka chart untuk mengetahui titik-titik support dan resistance ini.

  • Trading Signal 

Selain Smart Strategy, Smart Analyzer juga diperkuat dengan yang namanya Trading Signal. Fiturnya ni akan memberikan sinyal, baik untuk situasi di pasar saham sedang bull maupun bear secara real time. Sinyal ARO akan mencakup saham-saham LQ45 dan masing-masing tren. Smart People bisa peroleh informasi tersebut melalui notifikasi pop-up di smartphone. 

Sinyal bull dan bear sendiri menandakan kondisi atau situasi pasar saham secara terkini. Jika sinyal bull dikirimkan, maknanya kondisi pasar saham terkini sedang dalam potensi bullish. Sedangkan, jika sinyal bear yang dikirimkan, maknanya ada indikasi terjadinya kondisi reversal di pasar saham dari situasi yang sebelumnya bullish menjadi bearish.

  • Value Analyzer 

Fitur ketiga yang tergabung dalam Smart Analyzer adalah value analyzer. Melalui fitur satu ini, Smart People bisa memperoleh teori-teori ‘daging’ untuk diaplikasikan di pasar saham, yang mana sebelumnya teori-teori tersebut diaplikasikan oleh para investor sukses kelas dunia, seperti Warren Buffet dan Benjamin Graham.

Agar bisa mengetahui teori-teori tersebut, Smart People tidak membutuhkan waktu yang lama kok. Pembelajaran mengenai teori value investing misalnya, bisa Smart People peroleh dengan hanya satu kali klik saja via aplikasi RHB Tradesmart ID ini. Fitur ini juga menghadirkan hasil analisis instan untuk investor, khususnya para pemula, yang bisa dipahami dengan mudah.

Melalui value analyzer ini juga, Smart People juga bisa menghitung nilai wajar saham terhadap saham-saham lain di sektor yang sama, dengan waktu yang terbilang singkat. Dengan begini, Smart People bisa menghemat waktu untuk menilai value saham tersebut. Hasil penghitungan value saham ini juga bisa Smart People gunakan untuk menyusun trading plan nantinya.

Sebagai aplikasi trading saham online, RHB Tradesmart ID berkomitmen memberikan layanan yang berkualitas tinggi untuk para penggunanya, sehingga aktivitas investasi dan trading bisa terbantu. Salah satu bentuk layanannya tersebut dihadirkan dalam fitur Smart Analyzer, yang bisa membantu Smart People dan pengguna lainnya untuk menganalisis saham dengan lebih mudah.

By fafa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *