Sab. Sep 25th, 2021
pipa SNI

Standar pipa SNI, JIS, BS (British Standard) dan ASTM merupakan yang paling kita jumpai dalam ukuran sebuah pipa di Indonesia. Keempat standar tersebut tentunya menghasilkan produk pipa dengan ukuran yang berbeda aliyas pasti memunculkan selisih. Oleh karena itu ketika kamu membuat sebuah instalasi pipa ada baiknya jika konsisten dalam menggunakan sebuah produk pipa. Agar pemasangan bisa langsung pas dan tidak terdapat beda pada standarisasi ukurannya.

Standarisasi ukuran yan berlaku pada pipa SNI tentunya berbeda dengan pipa JIS. Sehingga meskipun kamu membeli pipa dengan ukuran yang sama pasti akan menghadirkan perbedaan atau selisih dari ukuran kedua pipa tersebut. Nah akhirnya kamu perlu berhati-hati ketika sedang membeli pipa berbaai ukuran, ada baiknya kamu memastikan bahwa standar yang mereka gunakan sama agar tidak terjadi selisih ukuran.

Rucika sebagai produsen perpipaan yang telah besar di Indonesia tentunya menggunakan berbagai standard untuk menciptakan produknya. Dimana kebanyakan memang menggunakan standard internasional JIS, tetapi pada beberapa produknya seperti pipa PVC juga ada yang menerapkan standarisasi pipa SNI.

Perbedaan Ukuran Diameter Luar Pengaruhi Standarisasi Pipa SNI

Secara umum standarisasi pipa bisa kita lihat dari diameter luar pada pipa yang telah diproduksi. Diameter akan kita temukan dalam satuan millimeter ataupun inch. Memang perbedaan yang timbul bukanlah perbedaan yang besar atau signifikan sehingga tidak seberapa terlihat. Adanya perbedaan hasil ukuran dapat terjadi pada pipa yang terbuat dari material thermoplastic karena material pipa ini tersedia dalam berbagai standard dari mulai SNI, kemudian JIS dan jug ada pula yang standar ASTM.

1.     Pipa dengan standarisasi SNI

SNI merupakan standarisasi sebuah ukuran yang dikenalkan oleh Indonesia ke masyarakatnya. Mempunyai kepanjangan dari Standard Nasional Indonesia meliputi standard ukuran pada pipa PVC dan HDPE yang beredar secara luas di negeri ini.

Ciri-ciri dari pipa SNI adalah berukuran sisi panjangnya lebih besar daripada jika kita melihat ukuran pipa JIS. Per batangnya berukuran 6 meteran dan pada pipa yang mempunyai diameter pipa kecil yaitu antara 1 hingga ¼ inci biasanya akan kita temui dalam ukuran 4 meteran.

Selanjutnya pada standarisasinya pada pipa SNI juga membahas terkait bagaimana sistem penyambungan pada pipa PVC. Dimana telah ditetapkan penyambungan yang sesuai standar adalah dengan menggunakan solvent cement atau lem pipa dan denan menggunakan cincin karet.

Nah salah satu produk pipa yang menyediakan pipa SNI adalah pipa PVC Rucika. Yang mana produk tersebut sangat mudah kita temuai diberbagai toko bangunan di sekitar kita.

2.     Pipa dengan Standarisasi JIS

Selanjutnya yang juga umum kita temui pada produk Rucika adalah menggunakan standarisasi JIS (Japanese Industrial Standard). Dimana standarisasi yang diatur didalamnya meliputi diameter pipa yang diukur dari tebal pipa, kemudian panjang per batang pipanya adalah 4 meter, hadir dengan dua varian produk pipa yang mempunyai tekanan besar dan juga kecil.

Varian yang mempunyai tekanan besar kita sering mengenalnya dengan tipe pipa dengan tebal AW, kemudian untuk yang bertekanan rendah pada pasaran kita mengenalnya dengan pipa tipe D. Perbedaannya terletak pada tebal dinding pipanya yang mempengaruhi diameter dalam sebuah pipa. Namun untuk diameter bagian luar pipa JIS mempunyai diameter yang sama antara tipe AW dan D.

3.     Pipa dengan Standarisasi British Standard

Standarisasi ini akan umum kita temukan pada pipa di negara Eropa. Namun pada beberapa produk atau tipe sering juga masuk ke pasar Indonesia sebagai bagian dari pipa import. Standard ini banyak diaplikasiakan pada berbagai tipe pipa air yang ada di Eropa.

4.     Pipa dengan Standarisasi ASTM

Amerika juga mempunyai standard untuk setiap produk pipa yang diproduksinya. Yaitu dengan menggunakan ASTM atau American Society for Testing and Material yang didalamnya terdapat aturan pada berbagai produk industry termasuk pipa. Pada ASTM terdapat aturan yang mengatur standard dimensi pipa bagian luar. ASTM ini juga mempunyai banyak kemiripan pada ukuran standard yang diberlakukan oleh British Standard khususnya pada beberapa diameter pipa.

Nah sudah mengerti kah kalian bagaimana mengenali masing-masing standard? Jika sudah kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan instalasimu. Misal jika kamu ingin membeli pipa untuk kebutuhan pembangunan instalasi di rumah kamu bisa memilih antara dua standard yaitu pipa SNI ataupun pipa JIS. Yang mana keduanya bisa kamu temukan banyak macamnya di Rucika. Kalau tidak percaya kamu bisa langsung loh melihat spesifikasi pipa dengan standard tersebut pada www.rucika.co.id. Disana kamu akan menemukan banyak sekali katalog produk pipa dan sudah beserta harga pasarnya. Selain itu kamu juga bisa memperoleh tips menarik dan keilmuan terkait pipa pada halaman blognya.

By fafa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *