Jum. Jan 22nd, 2021
Apakah Butuh Les Anak Di Usia 10-12 Tahun?

Menjadi orangtua yang asik bagi anak adalah suatu hal yang mudah jika kita bisa memasuki dunia imajinasi si anak. Pada usia 10 tahun hingga 12 tahun tentunya anak-anak sudah aktif bersekolah dan bermain bersama teman-teman sebayanya. Namun tentunya di era teknologi sekarang ini tak jarang anak yang jauh lebih memilih bermain games di gadget atau smartphone yang diberikan orangtua mereka. Padahal di usia tersebut para orangtua harus banyak mengajarkan tentang waktu, disiplin, dan keteraturan. Perkembangan anak di usia tersebut harus dipahami oleh semua orangtua, terkait bagaimana emosi mereka, bagaimana mereka bersosialisasi, perkembangan kognitifnya, adabnya, hingga cara mereka berbicara. Tak jarang juga orangtua yang memasukkan anak mereka ke las anak, yang tentunya akan menjawab kebutuhan anak di masa mendatang. Namun apakah itu penting di tengah perkembangan dan pertumbuhan anak di usia 10-12 tahun? Mari kita bahas bersama yuk.

Perkembangan Anak Di Usia 10 Tahun

Di Indonesia sendiri anak yang berusia 10 tahun sudah memasuki bangku sekolah dasar. Namun sebenarnya bagaimana sih perkembangan dan pertumbuhan di usia ini?

Secara Fisik

Secara fisik anak umur 6- 12 tahun ini telah mulai bertambah dan terbentuk. Maksudnya, pada umur ini, kemajuan yang dirasakan anak perempuan serta laki- laki mulai berlainan. Perihal ini diakibatkan anak umur 10 tahun telah merambah era puber.

Anak perempuan umumnya yang akan merasakan perkembangan buah dada bersama perkembangan rambut pada bagian tertentu badannya. Tidak cuma itu, anak perempuan yang belum hadapi haid pertamanya, bisa jadi hendak mendapatinya pada umur ini.

Sedangkan itu, pada anak laki- laki, ciri pubertas pada badannya mulai nampak. Beliau bisa jadi hadapi perkembangan biji kemaluan serta penis pada umur ini. Kemudian, serupa perihalnya dengan anak perempuan, mulai berkembang rambut pada bagian tertentu badannya.

Di umur ini, anak perempuan ataupun laki- laki bisa jadi mulai kerap berkeringat sampai memunculkan bau tubuh pada anak serta kulitnya juga mulai berminyak.

Secara Emosi

Emosi anak di usia 10 tahun lebih kepada mencontoh orang dewasa yang dianggap bisa menjadi panutan. Selain itu mereka juga sudah bisa diajak untuk berdiskusi dan bernegosiasi menentukan keputusan. Para orangtua juga sudah bisa menerapkan berbagai aturan yang harus dipatuhi si anak. Namun pada usia ini pula anak sudah bisa lebih menunjukkan emosi ketidaksukaannya pada sesuatu yang berakhir pada penolakan sehingga para orangtua mempunyai kewajiban untuk menjelaskan padanya dengan nada yang terkontrol. Karena pada usia anak 10 tahun juga anak lebih bisa mengontrol emosinya.

Secara Sosial

Anak pada usia 10 tahun akan mempunyai rasa keingintahuan yang sangat tinggi. Oleh karena itu para orangtua harus mengarahkannya pada hal-hal yang positif melalui berbagai aturan yang coba diterapkan. Di usia ini pula kamu bisa memasukkan mereka ke les anak yang bisa mengasah daya kreativitas mereka seperti les gambar 3D. Melalui les anak, anak bisa belajar lebih terkonsep dan teratur. Dan para orangtua bisa menyeimbangkan kegiatan les anak yang mereka jalani di sela-sela waktu bermain mereka.

Secara Kognitif

Mereka yang berusia 10 tahun biasanya cenderung sudah lancar dalam berbicara dan mencerna apa yang diajarkan kepada mereka. Mereka juga sudah lihai dalam mengerjakan soal yang diberikan oleh guru di sekolah baik itu materi matematika, bahasa, dan lain sebagainya. Dan disinilah les anak perlu diberikan, bukan hanya terkait materi pelajaran tetapi juga les di bidang yang mengasah kreativitas mereka seperti menggambar, les music, les computer, dan lain sebagainya.

Secara Bahasa

Usia 10 tahun anak sudah menginjak kelas 4 di sekolah dasar. Anak sudah lancar membaca dan sudah mempunyai hobi yang suka mereka lakukan. Bahkan terkadang anak yang hobi membaca sudah terbentuk sejak usia 10 tahun. Anak juga mampu berkomunikasi dengan baik dengan orang-orang di sekeliling mereka yang berbeda usianya dengan si anak, bahkan tak jarang ada yang gaya berbicaranya sudah seperti orang dewasa.

Itulah yang terjadi diperkembangan usia anak 10 tahun. Mereka membutuhkan pengawasan dari orangtua mengenai apa yang mereka pelajari. Kamu juga perlu membiarkan anak mengikuti berbagai les anak yang berkembang di luar sana. Agar perkembangan dan pertumbuhan mereka di usia 10 tahun semakin optimal.

By fafa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *