Kam. Okt 15th, 2020
service AC mobil

AC mobil tidak dingin bisa dipicu karena banyak hal. Entah itu karena tidak pakai memanasi mobil dan langsung tancap gas dengan full AC nyala. Padahal AC adalah perangkat penting yang dibutuhkan ketika di dalam mobil, apalagi ketika cuaca sangat panas. Dan ketika hawa dinginnya tidak sampai pada kursi paling belakang akan sangat mengganggu kenyamanan para penumpangnya. Ini biasa terjadi pada mobil yang blower AC nya hanya terletak di bagian depan.

Lalu bagaimana jika kamu mengalami AC mobil yang tidak dingin? Kamu tidak akan mengalami AC mobil tidak dingin jika kamu rajin melakukan kontrol pada sistem permesinan di mobilmu. Baik itu pada olinya, kemudian kompresornya, atau filternya dan lain sebagainya. Namun jika kondisi sudah parah lebih baik kamu bawa ke teknisi service AC mobil yang ada di daerahmu.

Nah kalau kamu mau lebih paham kenapa AC mobil tidak dingin dan sebelum kamu pergi ke service AC mobil dan ganti sparepart, kamu bisa juga mengecek atau memeriksa sparepart berikut untuk tau seperti apa kondisi AC mobilmu yang bermasalah tersebut.

Cek Sparepart Berikut Jika AC Mobil Tidak Dingin

1. Memeriksa Sistem Kompresor

Sistem yang ada pada kompresor sangat berpengaruh pada sistem pendingin yang ada di mobilmu. Dimana terdiri dari magnet clutch yang bertugas menarik centerpiece yang harus menempel pada bagian pulley. Sehingga ketika aki mobil mendekati habis, kekuatan tarikan magnet clutch akan berkurang dan tidak menempel pada pulley. Apa akibatnya? Akibatnya AC mobil tidak dingin. selain itu bisa juga disebabkan magnet clutch-nya sudah aus, rusak, ataupun sudah melemah. Sehingga pulley tidak terdorong dan gas freon tidak bisa menyebar sempurna ketika mesin mobil dinyalakan. Tidak hanya magnet clutch tapi ini juga berlaku untuk pulley dan centerpiece ketika rusak maka kinerja kompresor akan turun dan semburan gas freon tidak akan berjalan sempurna.

2. Memeriksa Kipas Kondensor

Banyak orang mengalami masalah AC mobil tidak dingin karena kipas kondensornya mati dimana sudah bekerja secara berlebihan. Sehingga ketika kipas kondensor mati, udara tidak bisa teralirkan, kemudian akhirnya freon tidak bisa dingin dan hawa dingin tidak bisa masuk ke dalam mobil.

3. Memerika O Ring Pada Mobil

O ring berupa seperti karet berbentuk bulat yang digunakan untuk menyambungkan komponen atau partisi AC sehingga tidak terjadi kebocoran. Jika saat kamu periksa kamu menemukan karet o ring ini sudah tidak layak pakai maka kamu perlu datang ke service AC mobil untuk mengganti karet o ring. Periksalah terus dan ganti secara berkala agar tidak terjadi kebocoran yang tidak diinginkan.

4. Memeriksa sekring Atau Fuse Serta Relay

Memeriksa sekring merupakan hal penting dimana jika alirannya terputus kompresor tidak bisa bergerak. Yang kemudian merambat pada freon yang tidak dapat tersebar. Sehingga ini perlu diperiksa di awal sebelum ke sparepart lain layaknya freon habis atau sparepart lain yang bermasalah. Pastikan bahwa sekring mengalirkan listrik dengan sempurna.

Kesimpulan

AC mobil tidak dingin bisa disebabkan banyak hal, nah sebelum kamu membawanya ke service AC mobil kamu bisa memeriksa sparepart diatas terutama sekring terlebih dahulu, kemudian jika tidak pada sekring kamu bisa melanjutkan memeriksa sparepart selanjutnya.

By fafa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *